Manfaat Vitamin Untuk Ibu Hamil

vitamin ibu hamil
Vitamin atau Vital Amine merupakan kelompok senyawa organic amina dengan bobot massa molekul yang kecil. Vitamin memiliki fungsi yang cukup vital terutama dalam sistem metabolisme mahluk hidup. Vitamin sendiri digolongkan sebagai senyawa yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, satu-satunya cara memperoleh asupan vitamin adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang segar dan dalam kondisi yang baik. Vitamin dibagi ke dalam beberapa jenis di antaranya A, C, D, E, K, dan juga B. Vitamin B ini dibagi lagi ke dalam beberapa jenis yakni tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, folat,Vitamin B6 dan juga vitamin B12. Konsumsi vitamin sangat penting utamanya bagi ibu hamil. Vitamin ibu hamil memegang peranan yang penting bagi kesehatan ibu dan bayi yang sedang dikandungnya.

Dalam kondisi hamil, seorang wanita membutuhkan sejumlah vitamin dengan takaran dua kali lipat dari konsumsi normal. Vitamin sangat baik untuk mengoptimalkan tumbuh dan kembang janin di dalam perut juga baik bagi si ibu. Vitamin A misalnya, komponennya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan sang ibu, memperbaiki kualitas penglihatan, menjaga kesehatan kulit selama masa kehamilan, menjaga kesehatan gigi, membuat rambut kokoh dan tidak rontok serta menguatkan kuku. Vitamin A banyak dijumpai di wortel, beberapa sayuran hijau, minyak ikan, minyak goreng, susu, telur dan juga margarine. Porsi ideal untuk ibu hamil adalah 3 per harinya.

Sementara itu, Vitamin B1 yang banyak dijumpai di gandum, hati, yeast dan kacang-kacangan sangat dibutuhkan ibu hamil sebab bisa menjaga kesehatan lambung, membantu pencernaan, meminimalkan mual, kembung dan muntah yang lazim dialami ibu yang sedang hamil dan juga menyiapkan ASI sejak dini. Lain lagi dengan Vitamin B2, ia sangat baik untuk mencegah gangguan mata dan kulit serta berperan penting dalam pertumbuhan embrio atau janin khususnya di minggu awal kehamilan.

Jenis vitamin B3 juga tak kalah pentingnya. Ia dibutuhkan oleh ibu hamil sebab bisa mencegah pendarahan, membatu pembentukan sel  otak bayi, mengurangi gejala morning sickness dan lain-lain. Selanjutnya adalah vitamin B5. Ia berguna dalam proses produksi pun pemeliharaan sel darah merah. Ibu yang hamil cukup rentan anemia. Konsumsi vitamin B5 yang banyak terdapat di hari, keju, telur dan kacang tanah akan memperkecil peluang terkena anemia. Vitamin selanjutnya adalah B6. Ia cukup berguna dalam memecah lemak juga asam lemak untuk meningatkan sistem kekebalan tubuh ibu. 

Vitamin ibu hamil yang tak kalah penting lainnya adalah C. Jenis vitamin yang satuni baiknya dikosumsi sebanyak 2 porsi per harinya. Ia sangat berperan dalam melawan infeksi, membantu agar plasenta kuat, membuang racun berbahaya bagi ubu dan bayi, menyembuhkan luka dan membantu penyerapan zat besi di dalam usus. Vitamin C ini sendiri banyak dijumpai pada buah segar semacam jeruk, papaya, sayuran dengan warna merah, kuning pun hijau.

Jenis vitamin lainnya yang juga diperlukan ibu adalah D. Vitamin ini bisa dijumpai dalam susu yang telah diperkaya vitamin D, ikan berlemak, mentega, kuning telur, minyak ikan dan masih banyak lagi lainnya. Vitamin D sangat bagus untuk merangsang kemampuan psikomotrik bayi yaitu kecakapan dalam mengontrol gerakan secara fisik. Vitamin D juga dikenal mampu memelihara kesehatan tulang terutama bagi ibu yang selama masa hamil rentan terkena penyakit tulang.

Vitamin ibu hamil yang terakhir adalah E juga K. Vitamin E banyak dijumpai pada gandum juga tauge. Ia sangat baik untuk melindungi jenis asam lemak yang penting bagi janin. Vitamin E juga menjaga kualitas sel kulit ibu yang mengalami banyak ketegangan dan perenggangan saat hamil. Vitamin terakhir adalah K. Jenis vitamin ini juga dibutuhkan ibu karena ia berperan dalam membentuk darah. Vitamin K lazim ditremukan pada sayuran hijau.