Pahami Tanda-Tanda Kehamilan

tanda-tanda kehamilan
Setiap pasangan pasti mengharapkan kehadiran momongan sebagai pelengkap keluarga yang tiada ternilai. Sayangnya ada sebagian pasangan yang belum mengetahui tanda-tanda kehamilan. Hal ini paling umum terjadi pada pasangan muda yang baru saja menikah. Memahami tanda hamil sesungguhnya penting sebab tak jarang yang kehilangan janin dikarenakan ketidaktahuan mereka. Minggu-minggu pertama masa kehamilan merupakan fase yang rentan. Jadi, bagaimana bisa berhati-hati kalau Anda tak tahu sedang hamil? Berikut beberapa tanda-tanda yang bisa Anda cermati sebagai ciri seseorang sedang hamil.

 Tanda-tanda kehamilan yang pertama adalah Morning Sickness atau merasa mual di pagi hari. Gejala ini banyak dialami oleh wanita. Meski ada juga sebagian yang tidak merasakannya. Rasa mual ini biasanya muncul di minggu awal kehamilan. Hal ini merupakan reaksi yang wajar dari rubuh ibu yang belum terbiasa dengan kehadiran janin. Reaksi penolakan ini biasanya diikuti keengganan untuk makan. Bahkan ada sebagian wanita yang mengalami pingsan di fase ini.

Tanda-tanda kehamilan yang  kedua adalah mudah merasa lelah meski hanya melakukan kegiatan yang sederhana sekalipun. Gejala awal ini biasanya diikuti dengan tampilan wajah yang sedikit pucat dan tekanan darah yang drop.  Ciri kehamilan selanjutnya adalah frekuensi buang air kecil yang semakin meningkat. Hal ini disebabkan membesarnya rahim dan akan sedikit mendorong organ kandung kemih sehingga daya tampungnya menjadi lebih kecil.  Hal lain yang patut Anda masukkan ke dalam daftar tanda-tanda kehamilan adalah munculnya flek darah atau yang biasa dikenal dengan istilah Impantation Bleeding (Pendarahan Impantasi). Banyak yang mengira flek ini adalah darah menstruasi padahal bukan. Flek darah tersebut merupakan reaksi dari proses tertanamnya telur yang telah dibuahi pada dinding rahim. Biasanya pendarahan ini terjadi 10 hari setelah ovulasi dan disertai dengan rasa nyeri atau kram pada bagian perut.

Ciri wanita yang sedang hamil adalah bentuk payudara yang berubah dan semakin sensitive. Biasanya payudara akan sedikit melebar, lebih kenyal dan lebih sensistif. Selain itu tak jarang juga yang merasa nyeri pada bagian payudaranya. Ciri lanjutannya adalah keadaan psikologis ibu yang :terombang-ambing”. Mudah merasa sedih, cemas, depresi lantas kemudian merasa senang secara tiba-tiba. Hal ini wajar sebab di masa awal kehamilan memang sedang terjadi perubahan hormone yang signifikan di dalam tubuh wanita. Ciri hamil di minggu pertama lainnya adalah frekuensi buang gas yang meningkat. Hal ini normal namun memang kurang nyaman. Solusinya perbanyaklah makan sayur dan buah agakr gas berkurang. Dalam tahap ini, biasanya buang gas akan diikuti dengan sembelit.

Tanda-tanda kehamilan di minggu pertama lainnya adalah sering merasa lapar dan juga ngidam. Hal ini memang tidak terjadi pada smeua orang. Bahkan ada yang sebaliknya, malah tak bisa makan sama sekali. Namun jika sederet tanda lainnya terjadi pada Anda dan ditambah gejala sering lapar, Anda patut waspada. Selain itu, keinginan berlebih terhadap sesuatu yang tak bisa ditahan boleh jadi merupakan bentuk dari ngidam dan biasa dialami oleh wanita yang sedang hamil. Untuk memastikan Anda hamil atau tidak, cara paling mudah dengan menggunakan tes pack. Jika positif, segera berkonsultasi ke dokter!