Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

makanan untuk ibu hamil
Saat hamil, kebutuhan gizi seorang ibu menjadi dua kali lipat mengingat ia tidak hanya makan untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk bayi yang ia kandung. Apabila calon ibu tidak memperhatikan kebutuhan gizi, bukan hal yang tidak mungkin jika perkembangan bayi tidak optimal pun kesehatan ibu bisa terancam. Jadi membatasi makanan saat hamil adalah langkah keliru. Walau demikian, tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi. Ada beberapa komponen makanan untuk ibu hamil yang memang direkomendasikan sebab memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan bayi yang sedang dikandung. Apa saja?

Dalam hirearki kesempurnaan makanan, boleh jadi ikan salmon menempati urutan pertama. Komponen yang dikandung jenis ikan yang satu ini sangat baik bagi ibu dan bayi yang dikandung sebab mengandung sejumlah protein, asam omega-3, kalsium dan masih banyak lagi lainnya. Konsumsi ikan ini akan membuat pertimbihan janin optimal sebab pasokan proteinnya cukup. Sementara itu asam omega-3 akan membantu perkembangan otak bayi. Dan kalsium akan memberikannya tulang kuat yang kokoh.

Meski salmon sangat baik, namun harus selalu diperhatikan bahwa makanan untuk ibu hamil sebaiknya tidak dalam keadaan mentah dan juga tidak mengandung senyawa pengawet. Jadi jika ingin mengkonsumsi salmon sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsinya mentah layaknya sashimi tetapi diolah terlebih dahulu. Dan yang tak kalah penting juga adalah tidak memakan ikan salmon kalengan. Pilih yang segar sebab lebih murni.


Makanan sehat lainnya yang direkomendasikan bagi ibu hamil adalah telur dan daging merah. Kedua makanan ini mengandung protein yang baik bagi tubuh ibu dan janin. Sebagai tips, pilihlan daging merah murni tanpa lemak. Sebab  lemak berlebih tidak baik bagi kesehatan bayi. Sumber protein terbaik lainnya adalah yoghurt yunani. Kadar proteinnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yoghurt biasa.

Jenis makanan lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah kadang merah dan juga brokoli. Keduanya merupakan sumber zat besi. seperti diketahui, saat hamil wanita menjadi sangat rentan terhadap penyakit anemia yang disebabkan kurangnya zat besi. Dengan mengkonsumsi brokoli dan kacang merah secara teratur maka defisiensi zat besi bisa ditanggulangi. Tahukah Anda bahwa kekurangan zat besi akan berpengaruh pada metabolisme tubuh ibu dan juga kulaitas plasenta yang menjadi saluran makanan bagi bayi? Jadi jangan remehkan zat besi ini mom!

Makanan ibu hamil lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah buah-buah segar penyumbang vitamin. Ibu hamil dan bayi di dalam perutnya membutuhkan vitamin agar bayi bisa tumbuh lebih optimal. Keberadaan vitamin seperti C juga mempengaruhi kemampuan ibu dalam menyerap zat besi. Mengenai jenis buah, semakin berwarna warni semakin baik. Jangan batasi buah Anda sekedar jeruk saja misalnya, atau hanya apel, hanya strawberry dan lain-lain. Jauh lebih baik jika Anda membuat salad buah yang komplit baik itu rasa dan gizinya. Selamat mencoba mom!