Teknik Jitu Merencanakan Kehamilan

merencanakan kehamilan
Merencanakan kehamilan merupakan hal yang penting untuk dilakukan setiap pasangan suami-isteri. Kesiapan baik itu secara mental, fisik dan juga finansial adalah hal yang tak boleh diabaikan. Keinginan Anda untuk memiliki anak harus ditunjang ketigal hal tadi agar kehamilan Anda menjadi sesuatu yang membahagiakan dan bukan bukan sebaliknya. Namun, dewasa ini, merencanakan kehamilan jauh lebih sulit ketimbang di zaman dahulu. Gaya hidup saat ini yang penuh dengan tekanan menjadikan fertilitas manusia jauh lebih sulit. Hal ini sejalan dengan apa yang ditemukan oleh peneliti di NewsWeek pada tauun 2007 dimana ditemukan fakta bahwa kemandulan adalah masalah paling umum yang menjadi kendala pasangan mendapatkan anak. Kemandulan yang dimaksud bukanlah permanen melainkan disebabkan oleh gaya dan tekanan hidup yang berlebih. Dalam proses merencanakan kehamilan, setelah poin financial terpenuhi, tentunya Anda harus fokus pada persoalan mental pun fisik. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam masa perencanaan kehamilan yang Anda jalani.

Hindari perasaan cemas secara berlebihan! Berusahalah tenang dan rileks sebab stress sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan seseorang. Jika Anda berjiwa positif, tingkat kesuburan Anda juga akan bertambah pesat. Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh American Society for Reproductive Medicine.

Jauhi pemanis buatan. Berdasarkan penelitian salah seorang dokter dari Emory University School of Medicine, ditemukan fakta bahwa pemanis buatan bisa mengganggu pertumbuhan janin dan bisa menurunkan pertumbuhan bayi yang baru lahir. Efek samping pemanis buatan ini juga bisa menyebabkan keguguran di awal kehamilan. Jadi, cermat memilih pemanis. Gunakanlah yang minim kalori dan minus bahan kimia.

Jaga asupan kafein! American Pregnancy Associations menyatakan bahwa mengkonsumsi kafein lebih dari 300 miligram per harinya akan mengurangi kesuburan seseorang sebanyak 27%! Dan yang perlu Anda ketahui bahwa sumber kafein bukan hanya kopi tetapi juga teh, minuman soda, minuman energi dan juga coklat.

Jauhi pestisida. Efek senyawa yang satu ini bisa berpengaruh pada alat reproduksi manusai. Ia bisa mengganggu sistem hormonal juga jaringan perkembangan bayi dalam perut.

jangan konsumsi kedelai. Dalam proses merencanakan kehamilan, kedelai merupakan musuh sementara yang sebaiknya dihindari. Kandungan fitoestrogen dalam kedelai merupakan hormo yang bisa mengganggu kesuburan Anda.


Buang jauh-jauh racun dalam alat rumah tangga Anda! Misalnya saja Teflon, penghilang noda. makanan kemasan, deodorant, minyak wangi, shampoo, dan kosmetik lainnya, boleh jadi mengandung senyawa yang berbahaya bagi kesuburan manusia.

Rutinlah berolahraga. Selain menjauhkan stress, tubuh juga jadi lebih siap untuk hamil karena segar dan bugar.

Penuhi asupan gizi Anda seperti vitamin B12, Vitamin A, anti-oksidan, zinc, zat besi, asam folat, dan mineral lainnya. Dengan nutrisi yang baik, tubuh lebih siap untuk hamil.

Hal lain yang patut Anda lakukan dalam masa merencanakan kehamilan adalah bercinta dengan baik dan teratur. Jangan setiap hari sebab kualitas sperma akan menurun jika dilakukan setiap hari. 3 kali dalam seminggu adalah pilihan yang bijaksana.