Informasi Umum Seputar Test Pack Kehamilan

Test Pack Kehamilan
Mendeteksi awal kehamilan bukan perkara yang mudah bahkan bagi wanita yang pernah hamil sekalipun. Gejala awal kehamilan memang cenderung berubah-ubah sehingga menyulitkan untuk mengetahuinya lebih awal. Membaca gejala ini pun dirasa tidak cukup untuk memastikan kehamilan sehingga wanita cenderung perlu untuk memeriksakan diri sebelum yakin ia hamil ataupun tidak. Sebelum memeriksakan diri ke dokter kandungan, biasanya jalan paling praktis yang dilakukan untuk memastikan kehamilan yakni dengan menggunakan test pack kehamilan. Apa test pack itu?

Test pack sendiri merupakan alat dengan ukuran kecil yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Cara kerjanya dengan menggunakan sistem penghitungan kadar hormone hCG atau Human Chorionic Gonadotropin. Jika seorang wanita hamil, maka kadar hormone tersebut akan meningkat akibat dari terbentuknya organ seperti cakram yakni plasenta yang menyelimuti janin. Kadar hCG wanita yang sedang hamil bisa mencapai 150.000% sementara itu saat tak hamil kadarnya hanya 5%. Test pack kehamilan membaca peningkatan kadar hormonn tersebut melalui urine.

Test pack kehamilan ini sering disebut home pregnancy test karena sangat praktis dan bisa dilakukan di rumah tentunya. Test pack juga bisa ditemukan dengan mudah baik itu di toko, supermarket dan juga apotek dengan harga yang variatif namun tetap terjangkau. Dengan demikian, wanita dengan mudah bisa mendeteksi kehamilannya. Test pack memiliki dua bentuk yakni compact dan juga strip. Pada test pack berbentuk srip, cara menggunakannya dengan terlebuh dahulu menampung urin dan kemudian mencelupkan test pack strip ke dalamnya. Sementara itu pada test pack kehamilan compact, telah dilengkapi dengan wadah kecil tempat urine diteteskan.

Waktu terbaik untuk menggunakan test pack adalah di minggu pertama Anda telat mendapatkan menstruasi. Cara menggunakan test pack juga menentukan akurasi hasil. Sebagai tips, sebelum menggunakan test pack, sebaiknya Anda membaca baik-baik keterangan yang ada di kotaknya. Sebelum menggunakan test pack, Anda sebaiknya tidak minum terlalu banyak air karena hal tersebut bisa mempengaruhi hasil uji test pack. Tips lainnya adalah melakukan uji test pack di pagi hari sebab pada masa tersebut kadar hormone hCG sedang maksimal. Jika negative dan Anda tetap tak mendapatkan menstruasi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Selain cara menggunakan test pack yang benar, ternyata jenis test pack juga mempengaruhi hasil uji. Karena itu, memilih test pack yang benar merupakan hal yang mutlak. Berikut tips yang bisa Anda lakukan saat membeli test pack kehamilan:
  1. Periksa tanggal kadaluarsa. Sebab test pack juga dilengkapi dengan tanggal expired. Jika melewati tanggal yang dimaksud berarti Anda tak lagi bisa menggunakannya.
  2. Belilah test pack yang telah dilegalkan oleh FDA. Untuk hal ini Anda bisa mengecek secara online di situs resmi FDA.
  3. Cek berapa kadar hCg yang dibutuhakan test pack tersebut. Sebab akurasinya bergantung pada kadar hCG. Semakin kecil maka akan semakin akurat.
  4. Pilih test pack yang paling praktis menurut Anda.
Selamat mencoba!