Rekomendasi Makanan Untuk Ibu Menyusui

 Momen menyusui merupakan fase dimana wanita membutuhkan asupan gizi dua kali lipat dari jumlah normal. Penelitian membuktikan bahwa tidak semua wanita memahami bahwa justru setelah melahirkan, nutrisi tak boleh dibatasi hanya dengan tujuan untuk menurunkan berat badan yang melonjak selama masa hamil. Justru setelah hamil, wanita membutuhkan gizi kompleks untuk memulihkan diri dan menunjang kegiatan menyusui. Memtuhi pola makan yang sehat akan meningkatkan energi serta stamina ibu dalam menyusui. Selain itu, kualitas ASI juga bergantung pada asupan nutrisi ibu. Nah, bagi Anda yang belum memahami hal ini, berikut rekomendasi makanan untuk ibu menyusui yang wajib Anda ketahui.

Salmon Hingga Beras Merah

Tak ada satu makanan pun yang nilainya sempurna. Namun daging ikan salmon layak dijuluki makanan yang mendekati sempurna. Ia masuk ke dalam daftar rekomendasi makanan untuk ibu menyusui karena kandungannya yang kompleks. Salah satu komponen terbaik di dalamnya adalah DHA. Senyawa ini sangat baik dalam menyokong sistem saraf bayi yang sedang berkembang. Pada prinsipnya air susu ibu sudah mengandung DHA namun jika ditambah dnegan konsumsi salmon, maka jumlah DHA di dalam air susu ibu akan semakin masimal. Selain berperan dalam perkembangan otak, ternyata DHA yang terdapat dalam salmon mampu meningkatkan mood sang ibu sehingga ia lebih rileks, bahagia dan terhindar dari syndrome baby blues.

Selain salmon, susu rendah lemak juga masuk ke dalam daftar makanan yang direkomendasikan bagi ibu menyusui. Hal ini terkait dengan kebutuhan kalsium dan protein sang bayi yang harus dipenuhi. Meski demikian, ibu tetap harus berhati-hati sebab bayi bisa saja mengalami alergi jika Anda salah memilih susu. Pastikan bayi Anda tidak menolak susu sapi. Kondisi ini paling banyak terjadi. Jika iya, sebaiknya ganti dengan susu soya atau kedelai.

Makanan bagi ibu menyusui lainnya adalah daging sapi minus lemak. Komponen yang satu ini sangat baik meningkatkan energi ibu yang sedang menyusui. Selain itu, ia juga kaya akan zat besi, protein serta vitamin B-12.  Pastikan juga ibu menyusui mengkonsumsi kacang-kacangan utamanya yang memiliki warna cenderung gelap sebab kaya akan zat besi juga protein nabati. Sementara itu, asupan buah bagi ibu juga cukup penting. Konsumsilah bluberry juga jeruk secara konsisten. Keduanya merupakan sumber vitamin C yang baik menjaga daya tahan ibu selama menyusui.  Untuk kebutuhan karbohidrat yang baik, ibu menyusui bisa mengkonsumsi beras merah atau beras coklat. Ia direkomendasikan sebab karbohidratnya sangat baik dan bertahan lama di perut.

Telur Hingga Roti Gandum

Makanan Untuk Ibu Menyusui

Gandum merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Asam folat sendiri merupakan komponen yang penting dan dibutuhkan oleh bayi. Istimewanya, selain mengandung asam folat, gandum juga banyak mengandung serat dan menjauhkan ibu hamil dari konstipasi. Gandum ini bisa diperoleh dari roti gandum atau sereal gandum. Baik dikonsumsi di pagi hari saat ibu menyusui sedang sarapan.

Makanan untuk ibu menyusui lainnya adalah sayuran yang memiliki warna hijau. Sayur ini misalnya bayam, kangkung juga brokoli. Sayuran hijau kaya akan vitamin dan sangat baik dikonsumsi ibu menyusui. Telur juga merupakan komponen penyumbang protein yang murah. Jadi, jangan sampai ibu menyuusi melewatkan konsumsi telur. Bagian kuningnya banyak menyimpan vitamin D yang dikenal baik menjaga kesehatan tulang manusia.