Tips Jitu Mempercepat Kehamilan

Bagi Anda yang telah berkeluarga, memiliki momongan tentunya merupakan hal yang membahagiakan. Untuk melengkapi kebahagian keluarga, menunggu hamil tentu bukanlah hal yang bijaksana. Anda semestinya berusaha sama halnya saat Anda mengusahakan pendidikan, karir, dan kegiatan Anda lainnya yang selalu masuk ek dalam list daftar penting dalam agenda. Mengusahakan kehamilan adalah langkah yang baik ketimbang hanya menunggu. Berikut beberapa tips mempercepat kehamilan yang dirangkum dari berbagai sumber.

Sebelum memulai usaha untuk hamil, ada baiknya jika Anda melakukan langkah pemeriksaan atau preconception checkup. Konsultasikan pada dokter tentang keingingan Anda dan hal-hal apa saja yang bisa menghambat keinginan Anda tersebut. Pastikan pula Anda dan pasangan ada di wilayah “normal” untuk mendapatkan keturunan. Hal lain yang patut Anda tanyakan adalah jenis vitamin yang bisa menghambat Anda untuk hamil. Ada beberapa vitamin yang mengandung jenis asam folat. Sebagai informasi, asam jenis ini bisa mengurangi potensi Anda memiliki Anak. Seorang dokter dari Stanford University School of Medicine berkata bahwa sebaiknya sembuhkan dulu permasalahan kesehatan Anda sebelum memutuskan untuk memiliki anak.

Setelah Anda dan pasangan sehat, mulailah menjalankan tips mempercepat kehamilan yang pertama yakni membaca siklus. Hal ini cukup penting terutama bagi wanita. Tandai masa ovulasi Anda sebab hal tersebut adalah momen paling tepat untuk hamil. Ada beberapa gejala yang ditunjukkan saat wanita sedang dalam masa ovulasi diantaranya terdapat perubahan mocus servikal yang jadi lebih kental dari biasanya, munculnya rasa nyeri secara tiba-tiba di satu sisi dan lain-lain.  Cara lain untuk menentukan masa ovulasi adalah dengan menghitung hari pertama Anda menstruasi. Biasanya ovulasi akan ada pada hari ke 9 setelah haid. Tapi tak jarang juga yang mulai mengalami ovulasi pada hari ke-14 apabila siklus haidnya teratur selama 28 hari sekali.

Setelah memahami waktu yang tepat, beberapa pakar juga menambahkan posisi yang tepat agar cepat hamil. Posisi yang dimaksud adalah gaya Anda saat bercinta dengan suami. Kabarnya, posisi misionaris akan membuat sperma sampai ke indung telur dengan sempurna ketimbang gaya lainnya. Misionaris sendiri adalah posisi dimana sang istri terlentang dan suami di bagian atas. Meski demikian, tak seidkit pula para ahli yang meragukan posisi menentukan kehamilan ini sebab tidak ada askurasi ilmiah yang mendukung teori posisi memperbesar peluang hamil.
 

Tips mempercepat kehamilan selanjutnya adalah menentukan jadwal bercinta dengan pasangan. Bercinta setiap hari itu bukan hal baik sebab akan mengurangi kuantitas juga kualitas sperma pasangan. Lakukan kegiatan seksual Anda tiga atau empat kali dalam seminggu. Anda bisa melakukan teknik selang seling. Hari ini lakukan dan besok tidak. Begitu seterusnya. Hal lain yang patut Anda perhatikan adalah kebiasaan kecil yang berdampak buruk pada kesuburan Anda. Beri tahu suami Anda agar ia tak memakai pakaian dalam yang terlampau ketat sebab akan mempengaruhi kualitas spermanya. Kebiasaan menyimpan handphone di saku celana juga sangat rentan. Radiasi selular akan membuat sperma Anda tak “lincah”. Jangan juga sering berendam di air panas!

Tips mempercepat kehamilan lainnya adalah memperbaiki gaya hidup. Rajinlah berolahraga, selain membuang stess jauh, kegiatan fisik juga kan menjaga kesehatan Anda. Selain itu, konsumsi makanan yang memang baik bagi kesuburan. Misalnya pria memperbanyak tauge sementara wanita bisa menggiatkan konsumsi buah alpukat dan semangka.  Perhatikan pula berat badan Anda. Jika terlalu kurus pun gemuk, akan membuat potensi hamil makin rendah. Hal lain yang wajib Anda perhatikan adalah kualitas hubungan dengan pasangan. Hangatkan hubungan dengan hal-hal yang kecil tapi menyenangkan. Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah berdoa. Doa merupakan sugesti. Jadi giatkan usaha, doa, selebihnya Tuhan yang menentukan! Selamat mencoba ya.