Adakah Pantangan Ibu Menyusui?

Pantangan Ibu Menyusui
Menyusui merupakan proses penting pemberian air susu ibu kepada bayi yang dilahirkan. Momen menyusui memiliki beragam manfaat yang mencakup banyak aspek termasuk psikologis di dalamnya. ASI menjadi sangat penting sebab ia mengandung komposisi gizi yang baik bagi bayi. Menurut salah seorang pakar, komposisi ASI tidaklah selalu sama. Salah satu yang sangat berperan terkait komposisi ASI adalah makanan. Untuk mendapatkan ASI terbaik, ibu menyusui dianjurkan untuk menjauhi beberapa hal. Berikut uraian benar atau tidaknya beberapa pantangan ibu menyusui yang banyak dipercaya di masyakat kita.

No Alcohol!!

Salah satu pantangan bagi ibu menyusui yang paling populer diketahui adalah konsumsi alkohol. Masyarakat percaya bahwa jika ibu mengkonsumsi alkohol makan sang bayi yang disusuinya akan mengalami kecanduan dan kesehatannya terganggu. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Alkohol memang berbahaya! Tapi jika ibu mengkonsumsinya, bayi tak akan mengalami kecanduan. Jika didasarkan pada fakta, alkohol yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan membuat bayi ngantuk, berat badan susah naik serta cenderung lemah tidak lincah. Selain itu, alkohol juga akan membuat produksi air susu ibu berkurang. Jadi, jauhi alkohol ya mom!

Hal lain yang dipercaya merupakan pantangan ibu menyusui adalah konsumsi kol tau kubis. Banyak yang percaya sayuran yang satu ini harus dihindari sebab akan membuat bayi kembung. Hal ini salah sebab gas tidak akan bisa ditransver melalui pemberian ASI. Memang kol, kembang kol, durian dan semacamnya mengandung gas dan yang beresiko kembung hanyalah ibu.

Pantangan lainnya yang dipercaya di masyarakat adalah minuman dingin. Banyak yang percaya bahwa jika ibu mengkonsumsi air dingin maka ASI yang ia berikan pada bayinya juga akan dingin. Hal ini salah! Sebenarnya tujuan pelarangan ibu meminum air dingin adalah untuk mencegah penyakit batuk dan asma pada ibu dan akan mengganggu kegiatan menyususi kelak. Sedingin apapun air yang diminum ibu, ASI akan selalu hangat dengan susu sekitar 37 derajat celcius.

Jangan Makan Makanan Pedas Dan Kopi!


Pantangan ibu menyusui lainnya yang sering kita dengar adalah larangan mengkonsumsi makanan pedas. Hal ini tidak terbukti secara ilmiah. Meski sang ibu mengkonsumsi cabe, ASI tak akan terasa pedas. Satu-satunya yang merasakan pedas tersebut adalah sang ibu. Meski demikian, pantangan yang satu ini tetap tak bisa diremehkan. Sebab jika ibu terlalu banyak makan makanan pedas maka ia akan beresiko terkena diare. Dan, saat diare, kualitas ASI akan terganggu sebab diare bisa membuat ibu dehidrasi atau kekurangan cairan.

Pantangan ibu menyusui lainnya adalah kafein. Banyak yang percaya bahwa konsumsi kopi akan membuat bayi susah tidur dan suka rewel. Karena itu kopi bagi ibu hamil dipantangkan. Namun, penelitian medis menyatakan bahwa kopi bukanlah hal yang haram bagi ibu menyusui asal tidak berlebih. Dalam buku Breastfeeding: A Guide For The Medical Profession dituliskan bahwa konsumsi satu atau dua cangkir kopi tidak akan berpengaruh signifikan pada kualitas ASI ibu. Namun jika kopi yang dikonsumsi melebihi 6 cangkir, akan membuat bayi rewel, mengalami iritasi pada pencernaan dan susah tidur karena kafein terakumulasi dalam pencernaannya.